.


Minggu, 27 Maret 2011

Pengertian Sistem Informasi

Sistem merupakan rangkaian dari dua atau labih komponen-komponen yang saling berhubungan untuk mencapai suatu tujuan.
Sedangkan, Informasi merupakan data yang telah diatur dan diproses untuk memberikan arti 

Berikut beberapa definisi Sistem Informasi:
  • Suatu sistem yang dibuat oleh manusia yang terdiri dari komponen-    komponen dalam organisasi untuk mencapai suatu tujuan yaitu menyajikan  informasi 
  • Sekumpulan prosedur organisasi yang pada saat dilaksanakan akan    memberikan informasi bagi pengambil keputusan dan/atau untuk    mengendalikan organisasi 
  • Suatu sistem didalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi, mendukung operasi, bersifat manajerial, dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperluka.

Sebagai contoh kita ambil SIMPEG (Sistem Informasi Kepegawaian). SIMPEG tersebut adalah sebuah sistem informasi. Di dalamnya terdapat beberapa sistem administrasi atau biasa disebut dengan sub sistem. Contoh sistem administrasi dari SIMPEG: sistem absensi, sistem penilaian, sistem penggajian, sistem kenaikan pangkat, dll. Contoh lain dari Sistem Informasi adalah Sistem Informasi Eksekutif, Sistem Informasi Manajemen dan Sistem Informasi Akuntansi.

Pada proses pembuatannya, Sistem Informasi harus dibuat perencanaan terlebih dahulu agar sistem yang dibuat nantinya dapat digunakan dan sesuai dengan keinginan user. Maka pada pembuatan sistem diperlukan Manajemen Proyek Sistem Informasi. Dimana didalamnya terdapat metode atau langkah agar pembuatan sistem informasi dapat menguntungkan semua orang, serta mengurangi ancaman terhadap sistem informasi.

Itulah tadi penjelasan singkat mengenai Pengertian Sistem Informasi. Bila ada kesalahan atau kekurangan mohon dibenarkan atau ditambahkan. Semoga bermanfaat..
Your Ad Here

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Terjemahkan

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : APP

Buku Tamu


ShoutMix chat widget