.


Senin, 21 Maret 2011

Pengertian Sistem Informasi Eksekutif (SIE)

“seorang Eksekutif bukan sekedar manajer tingkat rendah pada hierarki perusahaan”

Pandangan Eksekutif
  • Menurut Henry Fayol : Manajer melakukan fungsi-fungsi manajemen yang sama
  • Menurut Mintzberg : Manajer melakukan semua peran dengan orientasi berbeda (Keputusan)

Menurut Prof. John P. Kotler


Pada postingan ini, saya akan membahas tentang Pengertian Sistem Informasi Eksekutif (SIE). Sebuah sistem yang dibuat hanya untuk para eksekutif. Untuk pengertian Sistem Informasi sendiri telah saya bahas pada postingan sebelumnya.
 
Pengertian Sistem Informasi Eksekutif (SIE) adalah Sistem yang dibuat hanya untuk digunakan para Eksekutif atau Top Level Management dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Dimana dalam sistem ini hanya menampilkan grafik dan laporan dari seluruh proses bisnis pada organisasi atau perusahaan tersebut.

Adapun Kemampuan Sistem Informasi Eksekutif adalah sebagai berikut:
  1. Memberikan dukungan komunikasi elektronik.
  2. Mempunyai kemampuan menganalisa data.
  3. Mempunyai alat pengorganisasian. 
  
Pada sebuah Sistem Informasi Eksekutif, terdapat beberapa komponen yang menyusun sistem tersebut. Berikut Komponen Sistem Informasi Eksekutif ada beberapa hal, yaitu:
  1. Hardware
  2. Software
  3. User Interface
  4. Telekomunikasi
Alangkah baiknya bila SIE  ini menggunakan teknologi touch screen. Dikarenakan untuk menciptakan kemudahan untuk  para eksekutif. Pola pikir pembuat sistem ini yaitu, seorang yang tidak tahu tentang sistem aplikasi sama sekali. Tampilan atau desain interface sistem haruslah dibuat dengan sangat mudah dan simpel, sehingga seorang yang awam pun tahu cara penggunaan sistem ini tanpa harus melakukan pelatihan terlebih dahulu. Karena maksud pembuatan SIE berdasarkan pada perkembangan informasi yang cepat dan dibutuhkannya sebuah sistem khusus untuk para eksekutif.


Jadi, Sistem Informasi Eksekutif ini dibuat semudah mungkin dan sesederhana mungkin. Dan itulah paradigma yang membedakan SIE ini dengan sistem yang lainnya.


Itu tadi penjelasan singkat saya mengenai Pengertian Sistem Informasi Eksekutif (SIE). Bila ada kesalahan atau kekurangan mohon dibenarkan atau ditambahi. Semoga bermanfaat..
Your Ad Here

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Terjemahkan

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : APP

Buku Tamu


ShoutMix chat widget