.


Selasa, 29 Maret 2011

Karakteristik Sistem Informasi Eksekutif (SIE)

Pada postingan saya kali ini, saya akan membahas tentang Karakteristik Sistem Informasi Eksekutif (SIE) sistem yang dilihat sederhana, akan tetapi pada proses pembuatannya harus menggunakan paradigma orang awam. kenapa saya bilang paradigma orang awam? karena Sistem Informasi Eksekutif yang baik adalah sistem dimana orang yang baru pertama menggunakan sistem ini langsung paham, tanpa melakukan pelatihan terlebih dahulu.

Berikut ada beberapa karakter yang membedakan Sistem Informasi Eksekutif dengan sistem yang lainnya. Berikut diantaranya:
  • Meringkas, Memfilter dan memperoleh detail data. SIE dibuat untuk menampilkan grafik dan laporan dari proses bisnis sebuah organisasi atau perusahaan. Dimana data tersebut digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk pengambilan keputusan kedepannya.
  • Menyediakan analisis kecenderungan, pelaporan perkecualian dan kemampuan drill-down. Drill down merupakan fasilitas berupa tombol atau link yang bilamana diklik akan menampilkan detail data dari data umum yang diklik tadi.
  • Dapat memadukan data eksternal dan internal.
  • Easy to use. Inilah hal utama yang membedakan SIE dengan sistem yang lainnya. Kemudahan dalam penggunaan merupakan harga mati dalam pembuatan SIE, baik desain sistem maupun desain interface.
  • Dapat langsung digunakan oleh Eksekuti. Ini tak lepasdari kemudahan penggunaan pada poin sebelumnya.
  • Menyajikan informasi laporan dalam berbagai bentu. Umumnya SIE  menampilkan data berupa grafik dan laporan.
  • Beberapa sistem informasi eksekutif memiliki fitur-fitur fasilitas yang beraga. Tiap SIE memiliki perbedaan sendiri, tergantun pembuat SIE itu sendiri maupun keinginan pengguna (eksekutif).
Itulah tadi beberapa karakteristik Sistem Informasi Eksekutif. Bila ada kekurangan atau kesalahan mohon ditambahkan atau dibenarkan. Semoga bermanfaat.. Your Ad Here

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Terjemahkan

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : APP

Buku Tamu


ShoutMix chat widget