.


Kamis, 18 Agustus 2011

Open Standard Internation Layer (OSI Layer)

Bagi anda yang penggemar Jaringan atau praktisi jaringan mungkin sudah tahu apa itu Open Standard Internation Layer (OSI Layer). Open Standard Internation Layer (OSI Layer) merupakan suatu kerangka yang umum dipakai dalam sebuah jaringan komputer. OSI Layer dibuat oleh International Standard Organization (ISO) yang bermarkas di Paris.

Tujuan OSI Layer adalah untuk mendefinisikan fungsi dalam berbagai layer yang menghubungkan peralatan elektronik dalam melakukan komunikasi data. OSI Layer terdiri dari 7 lapisan, yaitu:
  1. Physical Layer - merupakan layer paling rendah yang berhubungan dengan hubungan elektris. Layer yang biasa digunakan adalah RS-232C, dimana layer ini mendefinisikan berbagai macam pin dan signal dari bentuk fisik ke konektor.
  2. Data Link Layer - merupakan layer yang berkonsentrasi pada format pesan data, mengatur arus data yang keluar dan masuk sebuah node. Protokol yang biasa digunakan adalah High Level Data Link Control (HDLC) dan Bisynchronous. Pada computer dikenal dengan istilah Token Ring.
  3. Network Layer - layer yang berfungsi untuk member solusi pada konflik alamat dan memutuskan bagaimana data dikirim dari berbagai macam jaringan.
  4. Transport Layer - layer yang bertanggung jawab untuk memastikan bahwa pesan alamat dimasukkan atau dibuka sebelum data diteruskan ke layer yang lebih tinggi. Protokol yang sering digunakan adalah TCP/IP (Transmission Control Program/Internet Protocol) dan ISO Transport Class 4 (TP4).
  5. Session Layer - layer yang bertanggung jawab untuk membangun hubungan antar computer dalam sebuah jaringan. Fungsi layer ini adalah untuk pengenalan nama, logging dan keamanan.
  6. Presentation Layer - layer yang focus pada presentasi data seperti printer dan computer. Fungsi layer ini adalah untuk format file, email dan manajemen database.
  7. Application Layer - layer yang berfungsi sebagai interface antara aplikasi dengan jaringan, mengatur bagaimana aplikasi dapat mengakses jaringan, dan kemudian membuat pesan-pesan kesalahan

Itulah tadi penjelasan singkat mengenai Open Standard Internation Layer (OSI Layer). Bila terjadi kesalahan atau kekurangan mohon dibenarkan atau ditambahkan. Semoga bermanfaat.
Your Ad Here

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Terjemahkan

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : APP

Buku Tamu


ShoutMix chat widget