.


Kamis, 07 Juli 2011

Structured Query Language (SQL)

Apa itu Structured Query Language (SQL)? Banyak orang yang telah mengetahui apa itu Structured Query Language (SQL). Pengertian Structured Query Language (SQL) adalah sebuah bahasa tinggi, berorientasi pada group data (tabel) dan non prosedur untuk database relasional. Kenapa dikatakan bahasa tingkat tinggi? karena SQL ini menggunakan bahasa Inggris, kenapa dikatakan berorientasi pada group tabel? karena berbeda dengan bahasa lain yang hanya mempunyai kapabilitas untuk record saja. Dan kenapa bersifat non prosedural? karena memberikan apa yang kita cari.

Structured Query Language (SQL) dibuat tahun 1970an oleh IBM di San Jose Research Laboratories. Standarisasi SQL dimulai pada tahun 1986 dari American National Standards Institute (ANSI) dan pada tahun 1987 oleh International Standard Organization (ISO).

Bahasa SQL dibuat untuk mendefinisikan dan memanipulasi objek-objek dan data pada database (basis  data). SQL menjadi sesuatu yang penting karena:
bersifat portabel yang bisa langsung digunakan di PC meskipun dibuat di minikomputer.
prosedur bahasa database yang dibuat di PC, bisa dipakai untuk mengambil data di minikomputer karena bahasanya sama.

Alat bantu untuk menjalankan perintah Structured Query Language (SQL), antara lain:
  • SQL Plus (windows), merupakan bagian dari produk Oracle Database. Alat ini bisa dijalankan di Microsoft XP/98/2000. Untuk cara menjalankan produk ini: Start -> Program -> Oracle For Windows NT -> SQL pLus
  • SQL Plus (DOS), cara menjalankan perintah SQL dengan menggunakan cmd atau DOS. Cara menjalankannya: Start -> Run, ketik cmd. Setelah cmd terbuka, ketik sql plus lalu enter. Masukkan user ID dan password.
  • SVRMGRL (DOS), sama dengan SQL Plus yang DOS, hanya dibedakan cara menjalankannya. Cara menjalankannya: Start -> Run. Ketik cmd. Bila cmd telah terbuka, ketik svrmgrl lalu enter. Setelah itu ketik connect internal dan isi password.
  • Open Database Connectivity (ODBC), merupakan standarisasi dari berbagai macam database agar dapat dijalankan oleh aplikasi lainnya. Cara menjalankannya: Start -> Settings -> Control Panel -> Administrative Tools -> Data Sources. Tekan tombol Add, lalu pilih driver database yang dicari.
  • Alat lainnya yang bisa digunakan, antara lain: TOAD, Quest Software.
Structured Query Language (SQL) memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan perintah SQL tersebut:


Berikut adalah Kelebihan dan Kekurangan SQL (Structured Query Language) tersebut:

1. Kelebihan SQL
  • Karena secara interaktif dan secara embedded dalam program tidak jauh berbeda, maka selain mudah bagi user, bagi programmer mudah melakukan pelacakan kesalahan program (debugging)
  • Memudahkan komunikasi antar user, programmer dan DBA. Selain itu, embedded SQL untuk berbagai host language (cobol, fortran, PL/I) hamper sama
  • Karena SQL di-compile, maka runtime nya jauh lebih cepat dari pada yang interaktif
2. Kekurangannya SQL
  • Bentuk bahasa yang jauh berbeda dengan host language yang ada sehingga menyulitkan programmer dalam menuliskan kodingnya.

SQL dibagi dalam DDL dan DML. Itulah tadi penjelasan singkat mengenai Structured Query Language (SQL). Bila ada kesalahan atau kekurangan mohon dibenarkan atau ditambahkan. Semoga bermanfaat.
Your Ad Here

1 komentar:

LOVELYZ TRILOGY mengatakan...

ok emin
solder uap

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Terjemahkan

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : APP

Buku Tamu


ShoutMix chat widget