.


Minggu, 17 Juli 2011

Pengertian Database atau Basis Data

Database atau Basis Data kini telah umum digunakan oleh banyak instansi, organisasi, maupun perusahaan dibidang apapun. Database atau Basis Data awalnya muncul karena kebutuhan  seperti pencatatan data dalam jumlah yang besar. Database atau Basis Data diibaratkan sebuah lemari, dimana didalamnya terdapat banyak rak-rak yang berisi dokumen-dokumen. Berawal dari hal sederhana diatas, akhirnya terciptalah mesin komputer pada tahun 1890 untuk digunakan sebagai media pencatatan.

Sebagai ilustrasi, bila kita pergi ke sebuah perpustakaan. Hal pertama yang kita lakukan adalah melihat daftar buku yang kita cari. Di dalam daftar tersebut, terdapat nomer yang mengidentifikasikan  letak buku tersebut. Berdasarkan nomer buku tersebut, kita menuju lemari tempat buku yang kita cari tersebut.

Jadi, Database atau Basis Data adalah media penyimpanan elektronik yang terdiri dari sekumpulan tabel dan berisi data. Tujuan database adalah untuk mendapatkan data entitas dan hubungannya, serta untuk memberikan informasi kepada pengguna database.

Perangkat lunak yang digunakan untuk mengatur penyimpanan dan akses data dalam sebuah database atau basis data disebut Database Management System (DBMS). DBMS mempunyai cara sendiri untuk mengatur penyimpanan dan bagaimana data diatur dalam media penyimpanan, serta cara bagaimana mengakses data. Contoh DBMS adalah Oracle, Postgre, MySQL, SQL Server.

Database atau Basis Data memiliki beberapa model untuk mendefinisikan cara menampilkan entitas, atribut dan relasi secara terstruktur. Berikut adalah Database Model tersebut:
  1. Model Hirarki
  2. Model Jaringan
  3. Model Hubungan
Adapun Bahasa Database atau Basis Data yang digunakan untuk membuat dan memanipulasi objek-objek dan data yang terdapat pada sebuah database. Bahasa yang berhubungan langsung dengan database disebut Structured Query Language (SQL). Terdapat beberapa komponen Bahasa Database:
  1. Data Definition Language (DDL)
  2. Data Manipulation Language (DML)
  3. Transaction Control Statements
  4. Session Control Statements
  5. System Control Statements
  6. Embedded SQL
Itulah tadi penjelasan singkat saya mengenai Pengertian Database atau Basis Data. Bila ada kesalahan atau kekurangan mohon dibenarkan atau ditambahkan. Semoga bermanfaat.
Your Ad Here

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Terjemahkan

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : APP

Buku Tamu


ShoutMix chat widget