.


Senin, 19 September 2011

Deployment Diagram (UML)

Pada postingan kali ini, saya akan membahas tentang salah satu Diagram pada Unified Modeling Language (UML) yaitu Deployment Diagram. Apa itu Deployment Diagram (UML)? Deployment Diagram adalah suatu diagram yang berisi tentang pandangan yang berkaitan dengan penyebaran fisik sebuah system. Dalam hal ini termasuk jaringan komputer serta lokasi komponen jaringan tersebut.

Dalam setiap system, hanya terdapat satu Deployment Diagram saja. Dimana semua bagian dalam sebuah jaringan seperti hubungan antar komponen, serta proses-proses yang dijalankan digambarkan pada diagram ini.

Berikut adalah notasi-notasi yang digunakan pada Deployment Diagram (UML):
1. Processor, menggambarkan komponen yang mempunyai kemampuan untuk memproses. Seperti server dan workstation. Bila sebuah Deployment Diagram terdapat lebih dari 1 processor, maka kita dapat menggunakan stereotype untuk mengelompokkannya. Terdapat penjadwalan untuk processor, yaitu: preemptive, non-preemptive, cyclic, executive dan manual.

2. Device, menggambarkan sebuah komponen tunggal. Seperti printer, hub atau scanner. Sama seperti processor, device juga dapat dikelompokkan (stereotype) dan memiliki penjelasan secara fisik (karakteristik).
3. Connection, menggambarkan hubungan secara fisik antara dua processor, dua device atau processor dengan device. Hubungan kabel atau nirkabel termasuk connection. Connection juga memiliki stereotype dan karakteristik.
4. Process, menggambarkan kejadian atau suatu hal yang dilakukan. Proses dapat ditampilkan atau disembunyikan. Process juga bisa dibuat penjadwalannya ketika sedang berjalan.

Untuk membuat sebuah Deployment Diagram pada Rational Rose, double klik pada Deployment View. Lihat postingan saya tentang Contoh Deployment Diagram untuk melihat contoh lebih jelasnya. Itulah tadi penjelasan singkat mengenai Deployment Diagram (UML). Bila terjadi kesalahan atau kekurangan mohon dibenarkan atau ditambahkan. Semoga bermanfaat.
Your Ad Here

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Terjemahkan

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : APP

Buku Tamu


ShoutMix chat widget