.


Sabtu, 13 Agustus 2011

Istilah Yang Digunakan Dalam Pengoperasian Database

Dalam penggunaan database, selain memilliki beberapa operasi dasar, database juga memiliki beberapa istilah pada pengoperasian database yang mana bagi orang awam tidak tahu. Pada postingan kali ini, saya akan membahas tentang istilah yang digunakan pada pengoperasian database.

Berikut adalah istilah yang digunakan pada pengoperasian database tersebut:
  • Enterprise, istilah ini mengartikan sebuah organisasi atau perusahaan. Seperti: universitas, rumah sakit, hotel, dll
  • Entitas, merupakan objek yang dibedakan dengan objek yang lainnya. Entitas merupakan isi dari enterprise. Contoh: sistem akademik pada sebuah enterprise universitas adalah mahaiswa, khs dan pembayaran.
  • Attribute/field, setiap entitas mempunyai atribut atau sebutan untuk mewakili entitas tersebut dengan entitas yang lain. Contoh: Entity mahasiswa memiliki atribut npm, nama_mahasiswa dan alamat.
  • Data Value (isi data), merupakan istilah untuk mengartikan data atau informasi yang disimpan pada tiap atribut. Contoh: atribut nama_mahasiswa: Ade Perdhana, sedangkan data value untuk npm: 0735010090.
  • Record/tuple, merupakan kumpulan elemenn-elemen yang saling berkaitan dan memberikan sebuah informasi tentang suatu entity secara lengkap. Record merupakan sebuah baris mendatar pada sebuah tabel pada database. Contoh: sebuah record mewakili satu data atau informasi = npm, nama_mahasiswa, alamat.
  • File, merupakan kumpulan record yang mempunyai atribute yang sama tapi berbeda data valuenya.
  • Kunci elemen data, adalah sebuah tanda pengenal secara unik untuk mengidentifikasikan sebuah entitas dari entitas-entitas lainnya.
  • Database Management System (DBMS), istilah yang mengartikan dari software database. Seperti Oracle, MySQL, SQL Server, dll.
Itulah tadi penjelasan singkat mengenai istilah yang digunakan dalam pengoperasian database. Bila ada kesalahan atau kekurangan mohon dibenarkan atau ditambahkan. Semoga bermanfaat.
Your Ad Here

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Terjemahkan

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : APP

Buku Tamu


ShoutMix chat widget